Bagaimana Untuk Mencari Tahu Apa Yang Ingin Orang Beli Darimu?

Posted by Michael on Tuesday, November 15, 2011

Cara meningkatkan penjualan adalah menjual sebanyak-banyaknya produk.

Namun, tidak hanya itu. Untuk mencapai hal itu anda harus menjual sesuatu yang tepat.

Tapi apakah sesuatu yang tepat itu?

Jawabannya mudah. Sesuatu yang tepat adalah segala sesuatu yang ingin pembaca / pengunjung beli.

Nah yang jadi pertanyaan yang sebenarnya adalah bagaimana anda tahu apa yang ingin pengunjung beli?

Bagaimana mencari tahu apa yang harus dijual / ditawarkan untuk pengunjung websitemu?

Ada sebuah taktik yang sederhana, dan ini adalah cara terbaik untuk mengetahui apa yang mereka ingin beli.

Ini caranya:

Ketika pengunjung websitemu memasukan email ke dalam "mailing list", mereka akan menerima sebuah email konfirmasi. (Jika anda tidak pernah mendengar tentang "mailing list", ini adalah teknik email marketing di mana pembaca yang tertarik akan memasukan email mereka agar tidak ketinggalan berita)

Dalam email marketing, anda harus memberikan sesuatu yang bagus dan bermanfaat agar orang mau memberikan emailnya kepadamu. Di sini posisimu bukan untuk menjual.

Dalam email tersebut, setelah mengatakan apa yang akan pembaca terima sesuai seperti yang dijanjikan sebelumnya, anda dapat katakan kepada mereka untuk mengirim balasan tentang apa masalah/sesuatu yang sedang pembaca hadapi sekarang ini, tidak peduli itu masalah kecil atau besar.

Itulah taktiknya.

Dan sekarang bagaimana cara membuat pertanyaan yang efektif agar mereka mau mengatakan masalah mereka kepadamu?

Kekuatan Dari Pertanyaan "Apa Yang Sedang Anda Hadapi / Inginkan Sekarang ini?"

Kebanyakan blogger yang ingin mengetahui apa yang pembaca ingin beli mungkin akan melakukan survei atau yang terburuk, mereka akan mencoba menebaknya. Apakah anda pernah seperti itu?

Jarang sekali selama pengalaman saya berinternet ria dan ditawarkan untuk mengisi survey, saya benar-benar berniat untuk mengisi survey tersebut kecuali saya ditawarkan sesuatu yang saya cari atau yang saya inginkan. Lebih dari itu, biasanya orang berbohong dalam mengisi survey seperti itu. Dan menebak pun adalah cara yang paling tidak jitu untuk kasus ini.

Pertanyaan "Apa Yang Sedang Anda Hadapi / Inginkan Sekarang?" adalah sebuah taktik yang sempurna untuk mengetahui apa yang ingin orang beli.

Mengapa?

Sudah jelas bahwa kebanyakan orang yang mendaftarkan email mereka sudah terbiasa akan mendapatkan email tanpa adanya undangan untuk berinteraksi.

Pertanyaan ini selayaknya seperti anda sebagai seorang teman yang peduli akan masalah yang sedang teman anda hadapi. Inilah mengapa pembaca barumu akan membalas emailmu.

Dan apa yang mereka balas, mereka akan menceritakan masalah mereka. Tidak percaya? Agar yakin 100% silakan anda coba sendiri.

Dan ketika anda tahu masalah mereka, anda dapat membuat artikel atau produk atau service yang bagus untuk menyelesaikan masalah-masalah mereka.

Hal ini sangat bagus dibandingkan dengan anda melakukan survey ataupun menebak.

4 Langkah Untuk Mengimplementasi Pertanyaan "Apa Yang Sedang Anda Hadapi / Inginkan Sekarang?"

Langkah Pertama:
Buat salinan email yang mengajak/memulai sebuah percakapan. Ini hanya contoh, kalau bisa anda lebih kreatif dalam membuatnya.

Hai apa kabar {nama pembaca}?

Terima kasih karena sudah mendaftarkan emailmu. Setiap minggu, kamu akan mendapatkan sebuah saran-saran berharga bagaimana agar pengunjung yang datang menjadi seorang pembeli.

Tapi sebelum ini, saya ingin kamu melakukan 2 hal:

Hal #1:
Balas email ini dan katakan pada saya masalah apa yang anda sedang / inginkan saat ini. Bahkan bila ini adalah sebuah hal kecil, jangan ragu. Walaupun saya tidak bisa membalas email kepada setiap orang satu per satu, saya membaca setiap email yang datang.

Hal #2:
Persiapkan dirimu. Saya sudah menyiapkan sesuatu yang bermanfaat untukmu, dan kamu akan menerimanya segera, jadi selalu periksa email dari saya. :)

Saya menanti email balasanmu.

Salam hangat

Nama Anda

Nah bisa anda lihat kan? Sebuah percakapan. Saya tidak menulis sebuah email yang membosankan. Saya menulis seperti layaknya seorang teman.

Itulah kuncinya.

Ketika anda mengirimkan email seperti di atas, anda sedang berkenalan dengan teman baru. Ya menulis untuk seorang teman baru.

Itulah yang akan menyakinkan bahwa orang-orang itu akan membalas email itu. Ingat orang selalu peduli akan masalah dirinya sendiri.

Sekali lagi cocokan pada kondisi blogmu atau websitemu.

Langkah Kedua:
Bila anda memakai jasa auto repsonder seperti AWeber atau GetResponse, gunakan ini sebagai email pertamamu yang akan diterima oleh pembaca.

Jadi jika anda masih belum menggunakan auto responder dan masih menggunakan FeedBurner misalnya, alangkah baiknya bila anda mencobanya terutama bila anda sedang merintis usaha online.

Membangun sebuah email list adalah sesuatu yang paling penting yang dapat anda lakukan di bisnis online. Ini lebih penting dari RSS, SEO, dan apapun teknik untuk menjual di internet. Dan saya bisa bilang ini lebih penting daripada blog atau websitemu sendiri.

Langkah Ketiga:
Berinteraksi dengan orang-orang yang membalas emailmu

Ini adalah sebuah langkah yang sangat penting.

Ini adalah sebuah kesempatan untuk mengenal pembacamu lebih jauh tentang diri mereka dan mengatakan kepadamu apa yang sebenarnya masalah mereka.

Ini juga adalah salah satu cara untuk mendapatkan pembaca atau konsumen setia, dan meningkatkan kredibilitasmu di mata pembaca.

Ketika orang membalas emailmu, itu adalah tujuanmu untuk mencoba dan menolong mereka tentang masalah mereka. Bagaimana anda dapat melakukannya?

Pertama-tama anda dapat membagi sebuah artikel yang akan / telah anda tulis yang dapat membantu masalah atau pertanyaan-pertanyaan mereka. Maka dari itu artikel diblog / websitemu haruslah bermanfaat walaupun anda sedang membuat toko online sekalipun.

Atau bila mereka menanyakan sebuah pertanyaan sederhana, anda dapat sesegera mungkin menjawab pertanyaan tersebut.

Satu hal yang harus diingat, pada awal email ini tidak disarankan untuk menjual sesuatu pada mereka. Dijamin mereka akan mencap dirimu sebagai mata duitan :D

Catatan: Seiring dengan bertambahnya email pembacamu, adalah mustahil untuk menjawab satu per satu pertanyaan tersebut. Bayangkan 500 pertanyaan setiap hari yang harus anda balas. x-[. Jadi di sini berlaku sistem jempol atau hanya pertanyaan-pertanyaan berkualitas yang akan dibalas.

Cape...? ya namanya bangun kepercayaan dari awal pasti cape.... :p

Langkah Keempat:
Cari benang merah di antara semua pembacamu.

Ini adalah langkah akhirnya.

Disinilah bagaimana anda dapat menjual apa yang dapat anda jual kepada pembacamu.

Saat orang-orang membalas pertanyaan "Apa Yang Sedang Kamu Hadapi / Inginkan Sekarang?", inilah tugasmu untuk melacak masalah-masalah tersebut.

Akhirnya anda akan mendapatkan sebuah benang merah yang sebenarnya terjadi diantara semua pembaca-pembacamu.

Anda akan melihat sebuah pola yang sama dengan orang lain, dan begitu seterusnya.

Beda orang, tetapi inti masalah mereka sama.

Ketika anda mendapatkan sebuah kesamaan itu, itulah saatnya anda membuat produk atau mencari produk yang benar-benar tepat untuk menolong masalah mereka.

Dan akhirnya produkmu akan jadi sebuah best seller.

Bagaimana dengan anda? Saya ingin mendengar pendapatmu tentang hal ini jadi jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar. Saya tunggu.  :)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment